Mengingat Perkalian dengan Tabel Putar!
Project Based Learning (PBL) sebagai sebuah pendekatan pengajaran yang dibangun diatas kegiatan pembelajaran dan tugas nyata yang memberikan tantangan bagi peserta didik yang terkait dengan kehidupan sehari-hari untuk dipecahkan Bersama. (Brandon Goodman & J. Stiver) Karena manfaat dan pembelajaran yang kontekstual inilah yang menjadikan Class Project menjadi salah satu program yang wajib untuk dilaksanakan oleh setiap guru Sukma Bangsa. Kali ini pembelajaran kontekstual yang dilaksanakan adalah Membuat Tabel Putar Perkalian. Setelah sebelumnya siswa sudah mempelajari cara perkalian dengan penjumlahan berulang dan cara bersusun ke bawah, siswa/I kelas II diajak untuk membuat tabel putar perkalian yang nantinya akan dibuatkan menjadi gantungan kunci kecil yang dapat digunakan oleh siswa nantinya.
Hal ini merupakan salah satu ikhtiar agar siswa/i dapat dengan mudah mengulang dan mengingat perkalian 1 – 10. Adapun bahan-bahan yang digunakan cukup sederhana, yakni kertas jeruk warna warni, gunting, pulpen warna warni, dan kebutuhan gantungan kunci, serta tang. Selaku guru matematika SD kelas II, saya Annisa Aris Tantya mengajak siswa untuk melakukan project sederhana membuat benda yang dapat bermanfaat untuk pembelajaran nantinya.
Adapun langkah pembuatan dari tabel putar perkalian ini yakni;
- Membuat lingkaran dengan diameter 7 cm sebanyak 10 buah dan menggunting lingkaran tersebut.
- Setelah kertas jeruk sudah berbentuk lingkaran, siswa membuat garis seperti jari-jari pada lingkaran tersebut.
- Kemudian siswa membuat garis horizontal dan vertikal seperti potongan pizza.
- Setelah lingkaran tersebut sudah berbentuk jari-jari, siswa/i tinggal menuliskan angka-angka dan hasil perkalian yang sebelumnya sudah digambarkan oleh guru bidang studi.
- Setelah semuanya dilakukan, lingkaran tersebut dilaminating dan kemudian diberikan gantungan untuk dapat digunakan sebagai gantungan kunci.
Class project ini diharapkan dapat melatih pengetahuan, sikap, dan psikomotorik anak dalam pembelajaran. Meningkatkan keterampilan dan tanggung jawab dalam menyelesaikan project menjadi lebih menarik. Menjalin sosial dan komunikasi antar teman dengan saling membantu dan berdiskusi dalam proses penyelesaian project yang dikerjakan.
Penulis : Annisa Aris Tantya, S.Pd,. M.A (Guru SD Sukma Bangsa Lhokseumawe)