MENGENAL LEBIH DEKAT PEMBELAJARAN SBdP DI SEKOLAH
SBdP adalah mata pelajaran yang mencakup materi kesenian, kebudayaan, dan keterampilan. SBdP atau Seni Budaya dan Prakarya merupakan salah satu mata pelajaran siswa Sekolah Dasar (SD) yang mempelajari tentang kesenian, kebudayaan, dan keterampilan seperti, seni musik, seni lukis, seni tari, dan sebagainya.
Namun banyak siswa khususnya di kelas rendah yang beranggapan bahwa pembelajaran SBdP itu adalah pelajaran yang hanya “Menggambar dan Mewarnai” saja, tidak heran apabila siswa dikelas rendah hanya menyediakan buku gambar dan pensil warna ketika ke sekolah. Sehingga banyak siswa yang kurang berminat dalam pembelajaran SBdP. Padahal dalam pembelajaran ini banyak hal yang dapat dilakukan oleh siswa secara aktif, efektif, dan efisien, bahkan siswa dapat bermain sambil belajar sehingga dapat membantu meningkatkan minat belajar siswa.
Untuk meningkatkan minat belajar siswa terhadap pembelajaran SBdP maka diperlukan seorang guru yang kreatif, fasilitas sekolah yang memadai, serta dukungan dari wali murid/Orang tua siswa. Guru kreatif yaitu guru yang mampu menempatkan model dan metode pembelajaran sesuai dengan materi yang akan diajarkan, misalnya materi “Alat Musik Ritmis” maka guru tersebut dapat menggunakan model Cooperative Learning dengan metode Direct Learning, materi ini juga di dukung dengan fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak sekolah seperti ruang musik dan alat musik modern atau tradisional, sehingga guru maupun siswa dapat mendemonstrasikan secara bersamaan. Apabila guru memiliki kendala dalam penguasaan materi misalnya dalam bermain musik maka guru dapat mengundang guru lain “Guest Teacher” yang memiliki kemampuan lebih dalam hal bermain musik.
Selain itu pembelajaran SBdP juga sangat membutuhkan peran orang tua untuk mempersiapkan bahan – bahan belajar yang digunakan dalam proses pembelajaran, seperti materi membuat kolase, mozaik, finger painting, dan lain-lain. Pembelajaran ini juga sangat mudah untuk berkolaborasi dengan pelajaran yang lain (Tematik), Hal ini bertujuan untuk mendukung proses pembelajaran yang efektif dan efisien sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa terhadap pembelajaran SBdP.
By : Dery Adila. S.Pd (Guru Kelas SDS Sukma Bangsa Lhokseumawe)