Membuat Jam Aktivitas di Sekolah
Class project ialah program pembelajaran yang bersifat kolaboratif. Program ini merupakan kolaborasi antara guru mata pelajaran di SD Sukma Bangsa Lhokseumawe. Dengan adanya Class project, harapannya guru bisa bekerja sama dalam melaksanakan proyek-proyek yang sudah direncanakan sebelumnya. Selain itu, Class project dapat menstimulus siswa meningkatkan kreativitas dan kemampuan bekerja sama dengan teman-teman di kelasnya.
Proyek membuat jam aktivitas adalah kolaborasi antara pelajaran matematika dan bahasa Indonesia. Muhammad Yuzaldi, guru matematika bekerja sama dengan Nurjannah, guru bahasa Indonesia. Pada pelajaran matematika, materinya ialah mengenal jam, sedangkan pada pelajaran bahasa Indonesia materinya menjodohkan kalimat berdasarkan gambar.
Kegiatan ini dilakukan oleh siswa kelas III Imam Al-Ghazali, III Uwais Al-Qarni, dan III Fatima Al-Fihri. Kegiatan ini berlangsung pada hari Rabu, 02 November 2022 dan hari Kamis, 03 November 2022. Tujuan dari pembuatan jam aktivitas adalah sebagai media tambahan dalam proses belajar-mengajar. Dengan adanya media tambahan ini, diharapkan siswa lebih mudah memahami dan mengingat materi terkait jam yang disampaikan oleh guru. Selain itu tujuan projek ini agar siswa dapat mengikuti instruksi aktivitas berdasarkan pembagian waktu.
Bahan dan alat yang diperlukan dalam class project ini adalah styrofoam, spectra, double tipe, lem, karton, gunting, cutter, dan kertas berisi kalimat yang sudah di print. Siswa diminta untuk duduk berdasarkan kelompok, setiap kelompok akan dibagikan tugas yang berbeda.
Seperti yang sudah diinformasikan pada weekly folder. Siswa hanya diminta untuk membawa gunting dan lem. Alat dan bahan lainnya disediakan oleh guru di sekolah. Saat kegiatan class project berlangsung, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapat tugas yang bervariasi. Ada kelompok yang bertugas mengunting kalimat, membentuk jam, menempel styrofoam pada karton, menempel spectra pada styrofoam, menjodohkan kalimat dengan gambar jam sesuai, dan menempelkan kalimat beserta gambar dengan baik.
Dengan penuh semangat menggebu-gebu siswa mulai menggunting kalimat yang sudah di print oleh guru. Guru berulang kali mengingatkan siswa agar berhati-hati dalam menggunting supaya hasilnya rapi dan bagus. Siswa di kelompok lain juga mulai membentuk jam. Bentuk yang dibuat adalah bentuk lingakaran. Dalam hal ini, guru juga ikut membantu mengarahkan siswa sehingga bentuk potongan yang dihasilkan tampak lebih rapi. Melirik ke kelompok lain, mereka sedang kompak menempel styrofoam pada karton. Mereka menggunakan double tipe dengan tujuan styrofoam lebih kokoh merekat pada karton yang ditempel meggunakan double tipe. Mereka sangat antusias menggunting dan membuka lapisan double tipe agar dapat digunakan untuk merekatkan styrofoam dan karton.
Setelah usai direkatkan, kelompok lain mengambil alih untuk menempelkan spectra di atas styrofoam tersebut. hal ini agar warna styrofoam tampak lebih menarik dan unik. Sedangkan kelompok lainnya sedang sibuk menjodohkan kalimat dengan gambar jam yang cocok. Terdapat perbedaan pendapat dalam proses menjodohkan kalimat. Namun, dengan bimbingan dan arahan guru semuanya dapat teratasi dengan mudah. Siswa pun kembali tersenyum sumringah saat mendapat titik tengah yang cerah.
Pemandangan yang luar biasa terjadi dalam proses penyelesaian class project ini. Ada seorang siswa lupa membawa lem dan gunting. Siswa yang lain meminjamkan gunting dan lem pada siswa tersebut. Selain itu, ada siswa yang kesulitan dalam menggunakan double tipe. Siswa yang lain mengarahkan, mengajarkan, hingga mempraktikkan pada temannya cara menggunakan double tipe. Alhasil, siswa tersebut bisa menggunakan double tipe dalam proses membuat projek.
Pada tahap terakhir, guru mengumpulkan hasil karya siswa. Dalam proses penyelesaian class project ini, siswa sudah dapat bekerja sama dengan baik, dapat mengikuti instruksi dengan baik, peduli dengan keadaan di sekitar, dan mempunyai semangat yang tinggi, serta jiwa pantang menyerah. Siswa sangat bersemangat dalam menyelesaikan proyek ini. Semangat dan hasil karya ini patut diapresiasi!
Penulis : Nurjannah, S. Pd. dan Muhammad Yuzaldi, S. Pd. (Guru SD Sukma Bangsa Lhokseumawe)