Guest Teacher Differential Function for Advance Studies
“Turunan adalah alat yang sangat berguna dalam matematika. Ia membantu kita memahami bagaimana suatu fungsi berubah pada setiap titik di domainnya, sehingga memungkinkan kita untuk memprediksi perilaku fungsi tersebut di masa depan.” – Stephen Hawking.
Dalam pelajaran Biologi, kita dapat menghitung massa perkembangbiakan bakteri dari waktu ke waktu melalui Turunan. Dalam Fisika, kita dapat mengetahui laju perubahan kecepatan gerak benda. Dua bidang tersebut adalah sekilas dari banyaknya contoh pengaplikasian mempelajari turunan. Turunan mengukur seberapa cepat atau lambat suatu fungsi berubah pada titik tertentu. Fungsi Turunan adalah fungsi matematika yang diperoleh dari suatu fungsi lain dengan cara melakukan operasi turunan pada fungsi tersebut.
Kamis, 11 mei 2023 pukul 11.50-13.00 wib, saya melaksanakan program guest teacher pada mata pelajaran Matematika untuk materi Turunan Fungsi Aljabar di kelas XI IPA Nicola Tesla, XI IPA Dimitri Mendelev, dan XI IPS Carl Ritcher SMAS Sukma Bangsa Lhokseumawe. Dengan kehadiran guru tamu yang mumpuni, pelaksanaan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan, keterampilan, dan ketertarikan siswa belajar Matematika, terutama pada materi aplikasi Turunan Fungsi Aljabar.
Pelaksanaan bertempat di ruang Perpustakaan Induk Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe. Setelah melalui proses diskusi bersama sesama guru matematika, kami mengundang Yuverny Selvy, S.Si., M.Pd., guru matematika SMAN 1 Lhokseumawe. Beliau dikenal sebagai seorang master of trainer matematika SMA di Lhokseumawe. Selain sebagai calon guru penggerak Angkatan 6, pemateri juga aktif menulis jurnal nasional/internasional.
Selama kegiatan belajar mengajar di kelas XI, siswa telah mempelajari turunan pertama dari fungsi aljabar untuk mencari kemiringan suatu garis (gradien) dan menentukan laju perubahan suatu benda melalui soal cerita. Pada kesempatan belajar dengan Bu Selvy, siswa diajak untuk mengenal Turunan secara lebih mendalam.
KBM Guest Teacher
Kegiatan belajar mengajar bersama guru tamu berlangsung di Perpustakaan Induk Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe. Dengan kesiapan sound, mic, dan layar projector, saya menjadi MC dan membuka kegiatan dan mulai memperkenalkan sosok Guest teacher kami hari tersebut. Pemateri mengungkapkan bahwa beliau seolah seperti sedang pulang kampung sebab dahulu beliau juga pernah mengajar di Sukma Bangsa Lhokseumawe.
Sebelum masuk pada materi utama, beliau memulai kegiatan dengan menarik perhatian siswa mengajak mereka untuk berdiri semuanya, masing-masing setiap siswa berdiri dalam satu ubin keramik. Beliau melatih gerak motoric mereka guna menstimulasi kefokusan belajar pada siang hari tersebut. Setelah seluruh siswa kembali duduk teratur, guru tamu mulai mengaktifkan layar presentasi powerpoint dan memulai materi dengan menampilkan empat gambar matematikawan dunia. “siapa disini yang tahu nama dan darimana asal tokoh matematikawan pada layar?” tanyanya.
Defa, salah satu siswa kelas XI IPA NT mencoba menjawab keempat nama matematikawan dan maju ke depan. “Isaac Newton dari Inggris, Gottfried Leibniz dari jerman, Aryabatha dari India, Nashiruddin ath-Thusi dari Persia”. Dan jawaban itu memang tepat.
Selanjutnya pemateri menjelaskan di mana saja pengaplikasian turunan dapat diterapkan. Beliau menampilkan gambar grafik dengan beberapa macam bentuk kurva dan mengaitkannya dengan sirkuit balap Formula Satu. “Diantara 3 kurva berikut ini, mana yang kecepatan kendaraannya berubah-rubah?” siswa kemudian menjawab sesuai dengan nalar mereka masing-masing. Terlihat sesi belajar tersebut berjalan aktif dan interaktif.
Yang tidak kalah menarik adalah saat guru tamu memberikan soal Turunan kepada siswa dan dapat langsung dikerjakan menggunakan HP mereka masing-masing. Pemateri mengajak siswa aktif secara digital menggunakan aplikasi Geogebra melalui Applet untuk memasukkan jawaban mereka sehingga grafik soal Turunan dapat berubah warna menjadi biru apabila dijawab secara benar.
Salah satu siswa yang berhasil menjawab secara cepat dan akurat adalah Nur Hafiz dari kelas XI IPA NT. Siswa lain juga terlihat ikut antusias berusaha menjawab. Beberapa di antara mereka merasa mampu mengerjakan soal, namun silap saat proses pencarian sehingga jawaban yang dihasilkan belum bisa merubah warna kurva menjadi biru. Kelas terlihat tidak kaku walau yang sedang dipelajari adalah pelajaran yang umumnya dianggap kaku. Sang guru tamu mampu mencairkan suasana kelas sampai akhir sesi.
Kami mengucapkan terima kasih kepada ibu Selvy, kehadiran beliau sangat bermanfaat dalam meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan keterampilan kami di hari tersebut. Saya antusias mengetahui penggunaan aplikasi geogebra dalam applet bisa semenarik itu untuk diterapkan dalam materi turunan. Siswa juga menikmati proses pembelajaran. Guest teacher ini semoga menjadi referensi, terutama bagi guru matematika untuk menyiapkan pembelajaran secara digital seiring perkembangan teknologi.
Penulis : Fadhilah Ata (Guru SMP Sukma Bangsa Lhokseumawe)